Cara Penggunaan Scanner



Scanner
Scanner adalah sebuah alat pemindai salah satu perangkat input pada komputer, merupakan suatu alat yang berfungsi untuk menduplikat objek layaknya seperti mesin fotokopy ke dalam bentuk digital.
Scanner dapat menduplikat objek tersebut menggunakan sensor cahaya yang terdapat di dalamnya. Sensor yang terdapat pada scanner tersebut mendeteksi struktur, tulisan dan gambar dari objek yang discan lalu dikirimkan ke komputer dalam bentuk digital.
Fungsi Scanner :
1.      Menyalin Berkas
2.      Pendokumentasian
3.      Pengelolaan Berkas
4.      Pengamanan Berkas
Langkah - langkah penggunaan scanner

1   1. Siapkan Komputer dan Mesin Scanner.Pastikan mesin Scanner sudah terhubung dengan Komputer kalian.

2   2. Buka Program Adobe Photoshop.

3   3.  Buka Mesin Scanner dan letakkan foto atau dokumen yang akan di scan di dalam mesin scanner
4   4. Buka program Adobe  Photoshop, pilih menu File>>Import>>CanonScan LIDE>>Enter



5.      Langkah selanjutnya sebelum discan Klik>>Preview untuk melihat hasil scan dan mengatur dokumen sesuai dengan keinginan
    
  


6.      Jika terjadi Kesalahan misalnya posisi dokumen yang tidak sesuai bisa di edit dengan cara klik >>Image>>Rotate Canvas untuk mengubah rotasi/posisi gambar sesuai yg diinginkan
7.      Setelah File sudah sesuai yang dinginkan lalu klik >>Scan
 
  
8.      Untuk menyimpan file tersebuat yaitu, pilih >>File>>Save as>>ketikkan nama file foto yang diinginkan pilih penyimpanan untuk menjadi file JPEG lalu klik>> ENTER

9.      Dokumen yang Telah diScan bisa dilihat hasilnya
 10. Selamat Mencoba

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TUTORIAL SISTEM PENYIMPANAN ARSIP KRONOLOGIS